Cara melacak hp yang hilang dengan IMEI

Baik itu pencopet yang menyelinap melalui kerumunan atau pria dengan pistol yang mencegat Anda di jalan yang sepi, hasil akhirnya sama, ponsel Anda hilang dan berpindah tangan. Atau ponselnya hilang karena lupa menitipkannya di warung kopi dan ada yang mengambilnya. Dunia dipenuhi dengan hal-hal yang mencoba memisahkan Anda dari ponsel favorit Anda. Sekarang saatnya bagi Anda untuk mempelajari caranya cara melacak ponsel dengan IMEI untuk menemukan perangkat lagi.

Jadi, apa yang harus Anda lakukan jika ponsel Anda hilang atau dicuri? Segera setelah Anda menyadari bahwa telepon Anda hilang, lakukan panggilan dari beberapa telepon lain untuk memeriksa apakah telepon masih berdering. Apakah telepon masih berdering? Jika demikian, ada dua kemungkinan; Ponsel Anda hilang di suatu tempat, atau orang yang mengambilnya terlalu bodoh (atau ceroboh) untuk tidak mematikannya. Hal pertama yang dilakukan pencuri ponsel biasanya mematikan perangkat sehingga tidak dapat dilacak. Kabar baiknya jika ponsel Anda masih berdering, ada kemungkinan ponsel Anda yang hilang masih dapat dilacak.

Cara melacak hp dengan IMEI

Tak sedikit pemilik smartphone yang meremehkan nomor identitas HP atau IMEI (International Mobile Equipment Identity). Padahal, rangkaian nomor IMEI yang umumnya terdiri dari 15 hingga 16 angka bisa membantu melacak perangkat ponsel yang hilang. Nomor IMEI biasanya menempel di bagian dalam ponsel, misalnya di bawah baterai. Nomor IMEI juga dapat ditemukan dari menu “about device” atau tentang perangkat di ponsel atau dengan mengetikkan kode *#06#.

Hanya saja, bagaimana jika ponsel Anda hilang tetapi nomor IMEI belum tercatat? Tenang saja karena Google sebagai developer OS Android sudah mengupdate aplikasi “Find My Device” agar bisa mencari nomor IMEI di HP yang hilang, dengan syarat smartphone kamu menggunakan sistem Android (Cek: Cara Melacak Android yang hilang Nomor ponsel). Anda cukup tap tombol lingkaran merah jika ingin melihat nomor IMEI ponsel Android Anda dari aplikasi Find my Device.

Pada update versi 2.2, pengguna ponsel Android dapat melacak nomor IMEI perangkatnya dimana data yang ditampilkan juga mencantumkan tanggal pendaftaran IMEI dan waktu terakhir diakses. Setelah Anda memperbarui aplikasi “Temukan Perangkat Saya” di Google Play, ketuk ikon “i” yang akan menampilkan data perangkat. Informasi yang bisa Anda dapatkan adalah: jenis perangkat dan nomor IMEI, tanggal pendaftaran IMEI pertama, dan terakhir kali diakses. Perlu diingat bahwa smartphone dapat dilacak, GPS dan koneksi internet aktif dan perangkat tidak dimatikan.

Setelah Anda mendapatkan nomor IMEI perangkat Anda yang hilang, Anda dapat segera melacaknya dengan menghubungi penyedia seluler untuk melacak nomor ponsel atau memblokir nomor ponsel sama sekali. Digit nomor IMEI digunakan oleh penyedia seluler untuk mengidentifikasi ponsel yang terdaftar di jaringan mereka. Pelacakan ponsel yang hilang juga bisa dilakukan langsung dari aplikasi Find my Device.

Cara melacak hp dengan IMEI selain menggunakan aplikasi Find My Device di Android, anda juga bisa langsung mengakses website Google Find My Phone di alamat https://www.google.com/android/find. Pastikan laptop terhubung ke internet. Selanjutnya, ketik nomor IMEI ponsel yang hilang. Tunggu sebentar lalu klik ikon i. Jika ada informasi di bawah seri HP Android, berarti Google telah berhasil melacak keberadaannya. Kamu bisa langsung geser ke lokasi untuk mencari HP. Setelah sampai di lokasi, kamu bisa membunyikan ponsel dengan mengklik menu Play Voice. Atau klik menu Erase Device untuk menghapus semua data yang tersimpan di HP.

Lihat juga: Cara Membuat Alamat di Aplikasi Google Maps

Lacak Ponsel dengan Pengelola Perangkat Android

Untuk Android, Anda bisa menggunakan fitur Android Device Manager untuk menemukan ponsel Anda dari jarak jauh. Cukup gunakan fitur “Temukan ponsel saya” saat masuk ke Akun Google Anda untuk mulai melacak. Atau, Anda juga dapat mengunduh aplikasi Pengelola Perangkat Android dari Play Store di ponsel Android lain dan masuk ke akun Anda sendiri untuk menemukannya. Namun, pelacakan tidak akan berguna jika akses lokasi tidak aktif di ponsel yang hilang.

Untuk iPhone, Apple memiliki fitur pelacakan iPhone sendiri yang disebut “Find My iPhone” (baca juga: cara melacak iPhone yang hilang). Fitur ini dapat diaktifkan dengan masuk ke Pengaturan, lalu ketuk iCloud dan kemudian nyalakan “Temukan iPhone Saya”. Fitur Apple juga perlu mengaktifkan Layanan Lokasi untuk menemukan perangkat iPhone yang hilang. Caranya, login ke akun kamu lalu masuk ke FInd My iPhone dari perangkat iPhone/iPad lain atau login ke akun iCloud kamu dari web lalu klik FINd My iPhone. Sekarang, klik “Semua Perangkat”. Titik hijau berarti perangkat sedang online sedangkan titik abu-abu berarti perangkat sedang offline.

Kecuali jika perangkat offline selama lebih dari 24 jam, biasanya perangkat akan online terakhir kali. Pilih perangkat yang ingin Anda temukan yang akan menunjukkan perkiraan lokasi perangkat. Jika perangkat sedang offline, itu akan menunjukkan lokasi terakhir yang diketahui. Anda juga dapat memilih “Beri tahu saya saat ditemukan” untuk menerima email jika perangkat yang hilang sedang online. Anda harus memasukkan perangkat Anda di menu “Mode Hilang” dan menguncinya dengan kode sandi. Ini akan memungkinkan Anda untuk mengirim pesan khusus ke nomor telepon yang hilang dengan perangkat untuk membantu mendapatkan telepon kembali.

Jika ponsel tidak berdering, entah itu rusak, baterai habis, atau dimatikan. Dalam hal ini, sementara Anda tidak dapat mengharapkan perangkat untuk kembali. Saat ini, Anda harus fokus menghapus data di perangkat Anda sehingga orang lain tidak dapat mengaksesnya. Pertama, Anda harus menelepon operator untuk meminta kartu SIM diblokir agar tidak digunakan orang lain. Setelah itu, Anda harus menghapus data pada perangkat yang hilang.

Menghapus Data pada Ponsel yang Hilang

Untuk perangkat Android: Anda dapat memanfaatkan fitur Pengelola Perangkat Android Google untuk membunyikan perangkat, menguncinya, dan mengubah kata sandi atau melakukan reset data pabrik. Namun, seperti halnya mencari perangkat, ponsel Anda harus terhubung ke internet setelah melakukan reset/lock cukup lama untuk menerima instruksi. Selain itu, Anda juga harus memberikan akses ke fitur Pengelola Perangkat Android untuk melakukan reset data pabrik dari jarak jauh agar berfungsi. Anda dapat mengaktifkan akses untuk ADM dengan membuka aplikasi Pengaturan Google, lalu mengetuk Pengelola Perangkat Android.

Untuk perangkat iPhone: iPhone juga memungkinkan Anda untuk sepenuhnya menghapus data pada perangkat atau membunyikannya menggunakan app Cari iPhone Saya. Selain itu, iPhone juga menawarkan fitur bernama “Activation Lock” yang diaktifkan secara otomatis setelah Anda mengaktifkan Find My iPhone. Fitur “Kunci Aktivasi” memastikan bahwa tidak ada yang dapat mematikan fitur Temukan iPhone Saya, menghapus data di perangkat Anda, atau mengaktifkannya kembali tanpa ID Apple dan kata sandi Anda. Dengan begitu data pribadi dan penting Anda tetap aman meski perangkat hilang.