Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas

Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas – Hampir setiap kita memiliki alat komunikasi yang disebut handphone atau yang biasa kita sebut dengan handphone. Tapi namanya saja alat buatan manusia, pasti ada masalah yang mengiringi penggunaan hp ini. Salah satu contoh masalahnya adalah ponsel yang panas. Apalagi bagi Anda pengguna smartphone, hal ini pasti sering terjadi atau setidaknya pernah Anda alami. Cara mengatasi hp panas tidak sulit dan Anda dapat melakukannya dengan mudah.

Biasanya hp terasa panas saat di kantong atau saat kita menggunakannya untuk bermain game, browsing internet, mendengarkan musik dll. Hal ini akan berdampak buruk pada hp anda jika dibiarkan terus menerus dan tidak segera ditangani. Perlu diketahui bahwa gejala panas yang terjadi pada ponsel Anda alami dan tidak sulit untuk diatasi.

Karena terjadinya panas pada ponsel ini dipengaruhi oleh kinerja ponsel itu sendiri dan bukan dari perangkat smartphone yang berkualitas buruk. Meskipun ponsel murah yang sering muncul gejala panas ini. Kami akan membahas cara mengatasi Android yang terlalu panas di artikel ini. Berikut ini beberapa tips dan spekulasi yang membuat ponsel Anda mengalami kenaikan suhu yang cukup cepat alias cepat panas.

Tips – Tips Cara Mengatasi Hp Android Panas

1. Cek kondisi baterai hp jika perlu, ganti dengan yang baru

Periksa kondisi baterai yang Anda gunakan pada ponsel Anda. Jika ternyata kondisi saat daya baterai turun drastis, hp mati mendadak sebagai gejala baterai drop, bisa dipastikan masalah panas yang terjadi di hp android Anda berasal dari baterai yang tidak berfungsi. Satu-satunya cara adalah mengganti baterai dengan yang baru.

Namun jika tidak ada tanda-tanda gejala seperti di atas berarti baterai masih berfungsi normal, hanya saja ponsel Anda mengalami overruns dalam menjalankan fungsi-fungsi aplikasi yang terpasang di dalamnya. Jika sudah maka istirahatkan saja handphone anda dengan cara mematikannya selama 30 menit sampai 1 jam jika perlu.

lihat juga: cara mengatasi masalah koneksi kode mmi yang tidak valid

2. Letakkan ponsel di tempat yang jauh dari sumber panas

Terkadang keadaan ini juga bisa terjadi, dimana Anda meletakkan ponsel di dekat sumber panas seperti di televisi atau di dekat kipas laptop. Cuaca yang sangat panas juga dapat menyebabkan ponsel Anda terpengaruh dan cepat panas. Jika itu terjadi, cara mengatasi hp panas adalah dengan memindahkannya ke tempat yang jauh dari sumber panas.

3. Periksa koneksi jaringan penyedia seluler yang Anda gunakan

Kestabilan koneksi jaringan provider juga menjadi salah satu penyebab panas pada ponsel Anda. Pilih penyedia jaringan seluler yang sinyalnya stabil di wilayah Anda. Karena ketidakstabilan koneksi jaringan penyedia seluler, perangkat seluler akan terus melakukan fungsi mencari sinyal dari penyedia jaringan seluler.

4. Jangan menggunakan ponsel saat sedang mengisi daya baterai

Menggunakan handphone saat charging akan membuat kinerja baterai handphone meningkat pesat sehingga menimbulkan panas pada handphone.

5. Hapus aplikasi RAM yang tidak terpakai dan berat

Jika RAM yang disematkan di ponsel Anda kecil, maka jangan terlalu banyak menggunakan aplikasi. Penggunaan aplikasi yang berlebihan akan meningkatkan kinerja RAM. Hal ini menyebabkan panas terjadi pada baterai ponsel Anda. Cara mengatasi hp panas jika masalah ini terjadi adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak anda perlukan dan juga menghapus aplikasi yang membebani kinerja RAM seperti game besar misalnya.

Hanya itu saja tips Cara Mengatasi Hp Android Panas yang dapat penulis bagikan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat untuk menambah referensi cara mengatasi hp panas. Nah bagi anda yang ingin membaca tips lainnya seperti “cara mempercepat koneksi internet” bisa langsung dibaca atau “Cara Mengatasi Hp Android Lambat/Lembut”, dan cara mengatasi hp restart sendiri.