Cara Mengatasi Samsung Galaxy J1 Bootloop / Blank HP

Cara Mengatasi HP Samsung Galaxy J1 Bootloop, apakah anda pernah mengalami masalah ini? Tentunya yang mencari artikel ini di Google mengalami masalah seperti yang dibahas kali ini. Yang sering membuat smartphone atau hp android bootloop salah satunya karena spesifikasi hp android yang tidak mumpuni dan dipenuhi oleh aplikasi atau game android yang membutuhkan ukuran memori yang besar yang memproses banyak aktivitas untuk sebuah aplikasi, sehingga smartphone susah dijalankan dan akhirnya bootloop.

Kami tahu apa spesifikasinya Samsung Galaxy J1 yang hanya memiliki beberapa keterbatasan kapasitas dan fitur, jangan dipaksakan untuk menjalankan proses yang cukup berat. Akibatnya hp bootloop tidak bisa digunakan lagi sampai mati. Akan lebih baik jika penggunaan smartphone dengan spesifikasi menengah bisa dibatasi. Berikut spesifikasi Samsung Galaxy J1:

Spesifikasi Samsung Galaxy J1

Samsung Galaxy J1 rilis 2016 tidak lagi mengusung layar IPS, Samsung sudah mengadopsi layar Super AMOLED untuk model terbaru ini. Ukurannya juga sedikit meningkat dari 4,3 menjadi 4,5 inci, namun sayangnya resolusinya masih cukup rendah yaitu 800×480 piksel (WVGA). Kerapatan pikselnya hanya 207 PPI. Ketajaman layar masih oke tapi jelas terlihat perbedaannya dibandingkan layar beresolusi tinggi.

Samsung melengkapi spesifikasi utama Galaxy J1 2016 dengan SoC quad-core, kini mengusung RAM 1GB, dan penyimpanan internal 8GB. Dengan begitu model 2016 sedikit lebih unggul dari pendahulunya yang hanya memiliki RAM 512 MB dengan memori internal hanya 4 GB

Jenis Bootloop

Ada banyak varian atau jenis bootloop pada Samsung J1 atau Samsung lain atau Hp lainnya, karena penggunaan yang ceroboh atau dari penyebab, berikut adalah beberapa jenis bootloop:

Bootloop Android Ringan [ Light Bootloop ]

Bootloop biasanya disebabkan oleh terjadinya kemampuan HP yang tidak mumpuni tetapi digunakan untuk aplikasi Gmae yang membutuhkan spesifikasi tinggi, seperti game HD yang digunakan dalam waktu lama, atau menginstal aplikasi tertentu yang menyebabkan error pada sistem.

Bootloop ringan ini disebabkan karena ponsel Anda tidak mampu menangani atau melakukan tugas yang Anda inginkan sehingga menyebabkan lag.

Cara mengatasi bootloop ringan di samsung J1

Solusi untuk masalah bootloop ini cukup mudah, cukup matikan/matikan dan cabut baterai pada Samsung J1 Anda untuk sementara dan pasang kemudian hidupkan kembali untuk mengatasi bootloop ringan.

Namun pada gadget berupa tablet yang baterainya terpasang permanen/non-removable atau pada Samsung J1 jika cara sebelumnya tidak berhasil, langkah yang dilakukan adalah dengan melakukan proses ‘wipe user data’ atau factory reset melalui Android System Recovery dan langkah ini juga bisa Mengatasi HP Samsung J1 yang mengalami bootloop menengah, dan untuk lebih jelasnya cara mengatasi bootloop level menengah ini baca berikut ini.

Lihat juga: Ciri-ciri baterai handphone/smartphone yang rusak atau bocor

Cara mengatasi Soft Brick HP Samsung J1 Medium Bootloop (Logo Stuck)

Bootloop tingkat menengah ini biasanya terjadi karena kesalahan prosedural yang disebabkan oleh proses pembuatan.

Biasanya kegagalan sistem seperti ini bisa terjadi jika pengguna melakukan tweaking yang berlebihan, seperti mengutak-atik sistem Android, menyesuaikan tema, memodifikasi bootscreen dan lain sebagainya sehingga sistem tidak berfungsi.

Bootloop sedang termasuk kerusakan tingkat menengah dimana pengguna masih bisa melakukan reset dari dalam sistem Android karena biasanya System Recovery masih bisa diakses.

Solusi untuk masalah seperti ini adalah dengan masuk ke menu Pemulihan sistem Android dan melakukan factory reset agar sistem kembali normal. Solusi lainnya jika sudah melakukan penguatan maka kita bisa melakukan proses reestablishing dengan menggunakan record recuperation melalui bantuan PC berbasis Windows. Jika kami tidak memiliki pemulihan dokumen maka kami dapat menggunakan catatan dari pengguna lain tetapi dengan syarat kami harus memiliki perangkat dengan tipe yang sama dan versi Android yang sama persis.

Cara mengatasi softbrick Bootloop [Stuck logo saat HP dinyalakan]

Caranya cukup mudah, cara ini juga bisa kamu lakukan saat hp mengalami bootloop ringan seperti hal-hal pada poin di atas. Cara mengatasi bootloop ringan pada hp android samsung j1 melalui recovery mode, cara ini sangat efektif jika hp anda mengalami bootloop dan berikut ini caranya :

  1. Masuk ke recovery mode samsung J1 cara matikan hp samsung j1 anda lalu sembunyikan kembali dengan menekan tombol “Power + Volume UP + Home” secara bersamaan.
  2. Setelah masuk ke recovery mode, Anda akan menemukan beberapa fitur atau menu di recovery mode seperti reboot system now, apply update from recovery storage, wipe data/factory reset, wipe cache partition, dan applu update from cache.
  3. Selanjutnya pilih “wipe data / factory reset” dengan navigasi “Volume up -Volume down” untuk navigasi dan tombol “Power” sebagai “Pilih”
    setelah memilih “wipe data/factory reset” tunggu beberapa saat dan Samsung J1 anda akan reboot sehingga anda akan diarahkan untuk melakukan registrasi ulang hp seperti hp baru, ikuti langkah-langkahnya dan selesai.

Cara Memperbaiki Hard Brick Samsung J1 Bootloop [Bootloop Fatal]

Posisi Hp bootloop Hard brick/fatal biasanya terjadi saat client melakukan aktivitas root dan tweaking yang berlebihan. Seperti mengubah atau menghapus elemen android dan catatan penting yang diperlukan oleh sistem Android dan tidak dapat dipulihkan atau dipulihkan. Serangan virus atau program jahat lainnya juga bisa menjadi penyebab kesalahan.

Solusi untuk masalah seperti ini cukup rumit dimana kerusakan yang terjadi adalah kerusakan yang mematikan atau fatal.

Kerusakan seperti ini mengharuskan sistem Android untuk diperkenalkan kembali, dan sebelumnya kita harus mengetahui secara detail perangkat yang kita gunakan karena proses yang dilakukan akan berbeda untuk setiap jenis perangkat.

Untuk mengatasi kerusakan semacam ini, disarankan untuk menghubungi ahli servis atau mempelajari eksposisi berkobar terlebih dahulu jika ingin memperbaikinya sendiri. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Tag:apa penyebab hp samsung j100h berhenti di logo, Cara perbaiki hp samsung J1, cara perbaiki hp samsung j1 restart, j1 ace boo, perbaiki j1 itu mudah