Ciri-ciri Baterai HP/Smartphone Bocor/Rusak

Ciri-ciri baterai handphone/smartphone yang rusak atau bocor Anda bisa mengetahuinya dengan membaca artikel ini. Karena semua smartphone sekarang menggunakan sistem baterai built-in, mereka tidak dapat dilepas sendiri. Misalnya jika bisa dilepas, maka perlu membongkar semua komponen cashing dan melepas kabel fleksibel yang menempel pada baterai. hp android Ini untuk kita ganti jika hp android rusak.

Ketika hp android rusak baterainya entah bocor dan menyebabkan baterai hp anda tidak normal, cepat habis atau ternyata baterai drop untuk memperbaikinya tidak bisa kita lakukan sendiri jika tidak memilikinya sendiri. peralatan. Kami harus membawanya ke pusat layanan atau ke konter yang dapat memperbaiki dan menyediakan baterai ponsel android itu.

Berbeda dengan tipe handphone yang bisa dilepas dimana kita bisa melepas baterai dan memasangnya sendiri dengan membuka penutup cashing belakang. Beginilah susahnya jika kita membeli smartphone Android dengan baterai non-removable, tidak bisa dilepas dan dipasang sendiri.

Ciri-ciri Baterai HP/Smartphone Bocor/rusak

Berikut ciri-ciri baterai smartphone yang mudah rusak atau bocor:

  • Salah satu cirinya adalah suhu baterai meningkat secara tidak wajar, smartphone terasa panas berlebihan di bagian belakang baterai.
  • Secara fisik baterai berubah misalnya membengkak, tetapi jika menggunakan baterai non-removable, maka ada cara lain untuk memeriksanya dengan mendeteksi kerataan penutup belakang ponsel yang tidak rata/cenderung tidak normal dari kondisi aslinya.
  • Saat melakukan charging (mengisi) baterai, indikator menunjukkan ketidakstabilan arus (kadang pengisian terkadang tidak) kondisi seperti ini dapat dikonfirmasikan terlebih dahulu jika soket/soket charger aman, maka itu menandakan baterai sudah mulai tidak stabil.
  • Indikator baterai naik turun tidak stabil, pemakaian baterai beberapa saat terkadang langsung habis dan setelah di reboot daya terisi penuh kembali, bahkan tidak jarang baterai rusak/bocor hingga mengakibatkan hp android anda sering restart sendiri atau me-reboot.
  • Baterai hp cepat terisi penuh saat di charge malah gampang habis, atau susah di charge full tapi pemakaiannya mudah habis, hal ini dikarenakan komponen di dalam baterai tidak standar atau rusak.
  • Uji ampere daya baterai menggunakan multi tester dengan mengukur tegangan baterai, ini lebih valid untuk memastikan baterai dalam kondisi normal atau tidak normal.

Baca juga : Penyebab Baterai HP Cepat Habis

Cara Mengatasi Baterai Hp Android Bocor

Untuk mengatasi masalah hp android yang baterainya sudah rusak atau bocor bisa anda atasi dengan mudah, namun seringkali kita dibuat pusing atau ribet dengan mendapatkan informasi atau trik yang sama sekali tidak benar.

Cara Mengatasi Baterai Hp Android Bocor atau Bocor!

Yang pertama copot baterai dari hp android kalian, setelah lepas silahkan masukan baterai yang rusak atau kembung ke dalam freezer selama 1 x 24 jam. Setelah 1 x 24 jam, ambil baterai dan keringkan.. pastikan baterai kering dari air kemudian pasang kembali di ponsel Anda.

Baca juga: Penyebab Hp Xiaomi Cepat Rusak

Namun tips di atas belum bisa dikatakan benar, karena belum teruji secara ilmiah, hanya banyak beredar isu yang bisa memperbaiki baterai yang drop, menggelembung dan menjadi normal.

Kesimpulannya, tips mengatasi hp android yang baterainya sudah rusak hanya ada satu cara aman yaitu dengan mengganti baterai hp baru. Bukan dengan memasukkannya ke dalam lemari es, atau menjemurnya atau merebusnya.. Tapi gantilah baterai HP Android kamu yang rusak dengan baterai yang baru! AMAN! Karena sejenis aki jika sudah rusak maka komponen di dalamnya tidak bisa lagi diperbaiki. Hanya perlu keluar ke toko dan membeli baterai ponsel Anda yang rusak dan menggantinya.