Review Aplikasi Snapchat – Cek Fitur, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Aplikasi Snapchat – DigitalPonsel.com, Sebagian dari kita boleh jadi belum tahu mengenai aplikasi jejaring sosial yang lagi populer baru-baru ini. Apabila anda akrab dengan Instagram, kurang lebih aplikasi Snapchat ya seperti itu namun fitur-fiturnya lebih menarik. Sudah diunduh lebih dari 100 juta pengguna dari Play Store.

aplikasi snapchat

Kapan Aplikasi Snapchat Lahir?

Dulunya pada saat pertama kali muncul di tahun 2011 aplikasi Snapchat mempunyai nama Picabbo. Kemudian di tahun 2012 berganti nama ke Snapchat sampai hari ini. Ada sekitar 700 juta foto ataupun video yang dibagikan setiap hari di Snapchat. Aplikasi dengan logo gambar hantu ini memiliki kesamaan dengan Instagram yaitu sama-sama sebagai layanan jejaring sosial dengan layanan berbagi foto dan video. Apabila Instagram dapat berbagi foto atau video yang tersimpan di galeri ponsel, untuk aplikasi Snapchat foto atau video itu bisa dibagikan langsung dari kamera baik Android ataupun iOS.

Aplikasi Snapchat dapat menjadi sebuah platform yang mengasyikkan dalam berbagi momen baik yang terabadikan dalam format foto atau video. Pengguna pun bisa menciptakan foto atau video itu makin happening dengan memasukkan teks atau tulisan pensil. Video atau foto yang dibagikan dalam aplikasi Snapchat disebut Snap yang selanjutnya bisa dibagikan ke teman yang tersimpan dalam kontak. Selanjutnya penerima bisa menonton video atau foto itu dimana durasi atau lama waktunya telah diatur oleh pengirim. Sesudah itu video atau foto yang dibagikan akan menghilang.

Fitur Aplikasi SnapChat

Fitur menarik lain dari aplikasi Snapchat yang terhitung baru yaitu Discover. Discover adalah menu konten yang berisi beragam informasi dari berbagai media populer diantaranya Cosmopolitan, CNN, MTV, Yahoo, Daily Mail, Vice dan banyak lainnya. Selanjutnya ditemukan fitur Story. Fitur tersebut akan memudahkan pengguna dalam menyiarkan atau broadcast video pribadinya ke teman yang dimiliki. Video tersebut bisa ditonton terus-menerus oleh pengguna yang akan dibagikan ke semua kontak selama 24 jam dan setelah itu akan menghilang.

Paling akhir, aplikasi Snapchat memiliki fitur yang cukup baru yang disebut Snapcash. Menu tersebut akan menghadirkan fasilitas untuk pengguna yang hendak mengirimkan uang kepada pengguna lain. Itu artinya, aplikasi Snapchat pun memiliki fitur keuangan untuk kemudahan bertransaksi antar pengguna.

Apa yang perlu diketahui orang tua tentang Snapchat?

Apakah Snapchat memiliki fitur kontrol orang tua? Tidak dalam pengertian tradisional. Kami mendefinisikan kontrol orang tua sebagai item yang dapat diatur dan dikunci oleh orang tua. Ada banyak fungsi yang dapat diatur oleh orang tua, yang akan kami jelaskan di bawah, tetapi semuanya dapat diubah kembali. Ini masalahnya.

Bagaimana cara mengatur akun Snapchat pertama anak saya? Siapa pun dapat membuat akun Snapchat baru, tetapi ada 9 langkah minimum yang harus diterapkan oleh orang tua dengan pengguna baru pertama kali:

  • Atur ulang tahun dengan benar (lihat petunjuk di bawah).
  • Periksa siapa yang ada di daftar teman dan langganan mereka dari waktu ke waktu dan tanyakan apakah mereka dapat mengidentifikasi semua orang di kedua daftar tersebut. (Lihat petunjuk di bawah).
  • Tanyakan kepada mereka secara khusus apakah mereka memiliki akun pribadi, palsu, dan ekstra. Beri tahu mereka apa aturan Anda terkait dengan memiliki banyak akun.
  • Buat akun Snapchat Anda sendiri untuk mengenal aplikasi ini. Untuk pengguna Snapchat baru, Anda mungkin mempertimbangkan untuk berlangganan ke akun mereka, tetapi ini bisa sangat bergantung pada kepercayaan. Hati-hati dengan langkah ini.
  • Kontrol apa yang ditampilkan di bagian Temukan. Lihat 5 daftar mini di bawah ini.
  • Pastikan mereka menonaktifkan “Lihat Saya di Tambah Cepat” (lihat petunjuk di bawah).
  • Pastikan berbagi lokasi diatur ke “Temanku” atau “Mode Hantu”, tergantung pada kenyamanan Anda (Lihat petunjuk di bawah).
  • Pastikan Anda telah melakukan percakapan dengan anak-anak Anda tentang segala hal, termasuk pornografi dan predator. Keduanya berlimpah di Snapchat.
  • Gunakan BARK atau Covenant Eyes. Mereka adalah satu-satunya 2 solusi yang memberi Anda wawasan tentang aktivitas Snapchat di Android.

Bagaimana cara mengubah tanggal lahir di Snapchat?

Tanggal lahir ditetapkan selama pendaftaran akun, tetapi juga dapat diubah setelahnya:

  • Di layar utama kamera, klik lingkaran profil di pojok kiri atas.
  • Dari layar profil, klik roda gigi merah di pojok kanan atas.
  • Klik “Ulang Tahun”.
  • Edit ulang tahun dengan mengklik tanggal, pilih yang baru, dan pilih “Lanjutkan.”

Catatan, Anda dapat mengubah ulang tahun 5 kali sebelum menerima peringatan bahwa “ini adalah terakhir kalinya Anda dapat mengubah ulang tahun.” Karena beberapa Discover dan konten iklan dipilih oleh Snapchat berdasarkan tanggal lahir, mengunci tanggal lahir yang benar dengan mengubahnya 5 kali secara sengaja mungkin merupakan sesuatu yang mungkin dilakukan oleh orang tua yang protektif.

Bagaimana cara memeriksa siapa yang telah ditambahkan sebagai “Teman” atau “Berlangganan”? Teman adalah akun tempat Anda saling mengikuti. Langganan adalah akun yang Anda ikuti, tetapi mereka tidak mengikuti Anda kembali. Anda mungkin berlangganan akun untuk melihat Cerita mereka, tetapi Anda tidak dapat mengirimi mereka Snap sampai Anda menambahkannya sebagai teman.

Berikut cara menentukan teman yang telah ditambahkan:

Di sinilah untuk mengidentifikasi siapa akun yang berlangganan (hanya untuk tetap terhubung ke Cerita) jika mereka bukan teman:

Fitur Snapchat bisa membuat ketagihan. Bukan rahasia lagi bahwa Snapchat ingin anak-anak menggunakan aplikasi sebanyak mungkin. Snapstreak adalah fitur yang mendorong anak-anak untuk mengirim dan menerima foto dari teman selama beberapa hari berturut-turut.

Kami tidak menganjurkan penggunaan aplikasi snapchat untuk anak-anak, tetapi dari perspektif praktis, kami tahu bahwa banyak orang tua yang akan mengizinkannya. Jika Anda telah membaca informasi di atas, Anda sekarang mendapat banyak informasi tentang apa yang mungkin terpapar pada anak-anak Anda.